Orang-Orang Berjalan Melewati Etalase Toko Zara di Passeig de Gracia di Barcelona, Spanyol (Reuters/Albert Gea)
Dunia

Zara Tarik Kampanye Iklan Setelah Aksi Boikot Aktivis Pro-Palestina

  • Di salah satu foto, model yang digambarkan membawa manekin dibungkus dalam warna putih. Dalam foto lain sebuah patung kepala tergeletak di lantai. Foto lain menampilkan fitur lain manekin tanpa lengan. Kritikus mengatakan mereka menyerupai foto mayat di kain kafan putih di Gaza.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Zara mencabut kampanye periklanan yang menampilkan manekin dengan anggota tubuh yang hilang dan patung dibungkus warna putih dari halaman depan situs web dan aplikasinya. Itu adanya seruan sejumlah aktivis pro-Palestina untuk memboikot perusahaan mode tersebut.

Inditex (ITX.MC), yang merupakan pemilik Zara, menyatakan perubahan tersebut sebagai bagian dari prosedur normal dalam menyegarkan konten. Perusahaan tidak memberikan komentar terkait seruan boikot. 

Namun mereka mengatakan koleksi Atelier dibuat pada bulan Juli dan foto-fotonya diambil pada bulan September. Perang antara Israel dan Hamas dimulai setelah 7 Oktober 2023.

Akun Instagram Zara mendapatkan puluhan ribu komentar terkait foto-foto tersebut, banyak di antaranya dengan bendera Palestina, sementara tagar #BoycottZara menjadi tren di platform X.

Di salah satu foto, model yang digambarkan membawa manekin dibungkus dalam warna putih. Dalam foto lain sebuah patung kepala tergeletak di lantai. Foto lain menampilkan fitur lain manekin tanpa lengan. Kritikus mengatakan mereka menyerupai foto mayat di kain kafan putih di Gaza.

Zara mengatakan pada peluncuran koleksinya pada 7 Desember, koleksi itu terinspirasi oleh penjahitan pria dari abad-abad yang lalu. Foto-foto tersebut tampak memperlihatkan sebuah studio seniman dengan tangga, bahan pengepakan, peti kayu dan derek, serta asisten yang mengenakan pakaian terusan.

Reaksi tersebut menyoroti kepekaan yang meningkat terhadap merek-merek internasional saat pertempuran di Gaza semakin intensif dan seruan untuk boikot perusahaan meningkat. CEO Web Summit mengundurkan diri pada Oktober setelah komentar yang dia buat tentang konflik Israel-Hamas.

Foto-foto tersebut, yang ditampilkan di beranda toko online Zara pada Senin pagi, tidak lagi terlihat di situs web atau di aplikasinya pada pukul 12.30 GMT. Tautan di situs web Inggris ke Zara Atelier mengarah ke halaman yang menampilkan koleksi tahun lalu.

Koleksinya, yang terdiri dari enam jaket, adalah salah satu yang termahal di Zara, dengan harga mulai dari US$229 untuk blazer wol abu-abu dengan lengan rajut tebal, hingga US$799 untuk jaket kulit bertabur. Ini bukan pertama kalinya kampanye iklan membuat label fesyen menjadi kontroversi.

Tahun lalu, grup mewah Prancis, Kering, membentuk posisi tingkat grup untuk mengawasi keamanan merek setelah gambar periklanan dari labelnya, Balenciaga, yang menampilkan anak-anak, memicu reaksi negatif yang merugikan penjualan.

Dolce & Gabbana telah dihapus dari situs e-commerce di China pada tahun 2018 setelah kampanye yang menampilkan para model kesulitan untuk makan makanan khas Italia dengan sumpit—dikecam sebagai rasis oleh selebriti lokal dan media sosial.

Zara tahun lalu mendapat kecaman dari beberapa warga Palestina dan Israel setelah kepala waralaba lokal pengecer di Israel menjadi tuan rumah acara kampanye untuk seorang politisi ultranasionalis.