Ilustrasi aplikasi Zenius. Foto: Zenius Education
Fintech

Zenius dan Primagama Gaet Telkom Inovasikan Metode Hybrid Learning Pascapandemi

  • PT Zenius Education dan PT Primagama Bimbingan Belajar bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia Tbk dalam menginovasikan metode pembelajaran hibrida (hybrid learning).
Fintech
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Zenius Education dan PT Primagama Bimbingan Belajar bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) dalam menginovasikan metode pembelajaran hibrida (hybrid learning).

Founder dan Chief Education Officer Zenius, Sabda PS mengatakan, sektor pendidikan di Indonesia perlu dibangkitkan pascapandemi dengan melancarkan proses belajar secara hybrid melalui 300 outlet New Primagama di Indonesia.

Dikatakan oleh Sabda, seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan, mulai dari murid, guru, hingga orang tua terkena dampak dari pandemi.

Di sisi lain, seluruh pihak yang bersangkutan telah beradaptasi dengan teknologi dalam kegiatan belajar-mengajar (KBM).  

"Adaptasi teknologi di seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan membuat kami optimistis untuk melangsungkan hybrid learning melalui New Primagama," kata Sabda dalam keterangan tertulis, Senin, 23 Mei 2022.

Untuk melancarkan program hybrid learning tersebut, Zenius melalui New Primagama menjalin kerja sama dengan Telkom yang mendukung sebagai penyedia teknologi.

"Kami yakin hybrid learning dengan pendekatan two-teachers model yang diusung Zenius akan menjadi tonggak penting dalam perkembangan dunia pendidikan di Indonesia," ujar Executive Vice President Divisi Business Service Telkom Pontjo Suharwono.

Pendekatan two-teachers dalam metode hybrid learning adalah model pembelajaran gabungan antara online dan offline.

Lewat pendekatan ini, tutor online akan mengajar secara virtual melalui aplikasi Zenius secara serentak di 300 outlet New Primagama. Sementara itu, tutor offline di setiap outlet akan membantu siswa dalam memahami materi yang telah diberikan sebelumnya. 

Selain Telkom, Zenius juga bekerja sama dengan beberapa mitra lainnya dalam penyelenggaraan hybrid learning, di antaranya Mega Finance untuk mitra pembiayaan, Blibli for Business sebagai e-commerce dalam penyediaan solusi proses bisnis, Atome untuk PayLater, Dekoruma sebagai kontraktor, dan Kanisius untuk bagian percetakan.