Zlatan Ibrahimovic berpamitan pada fans Milan di San Siro, Senin 5 Juni 2023 dini hari WIB.
Olahraga

Zlatan Ibrahimovic Resmi Pensiun dari Sepak Bola

  • Ibrahimovic sukses meraih 31 gelar sepanjang kariernya di sepak bola sejak era 2000-an. Sebanyak 14 gelar di antaranya berupa juara liga domestik.
Olahraga
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Bintang AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, resmi mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola di usia 41 tahun. Pemain asal Swedia itu memberi ucapan perpisahan mengejutkan usai laga Milan melawan Hellas Verona di San Siro, Senin 5 Juni 2023 dini hari WIB. 

Mata Ibra tampak berkaca-kaca saat menyampaikan pidato perpisahan yang mengakiri perjalanan kariernya sebagai pemain bola sejak 1999. “Pertama kali saya datang, kalian memberikan kebahagiaan. Dan untuk kedua kali, kalian memberikan saya rasa cinta,” ujarnya pada para fans, dikutip dari Daily Mail, Senin.

Ibra kemudian mengucapkan terima kasih pada pelatih dan manajemen Milan yang telah menjadi keluarga keduanya. Pemain keturunan Bosnia itu juga tak lupa memberikan penghormatan mendalam pada para suporter Rossoneri, klub yang dibelanya pada dua periode yakni 2010-2012 dan 2020-2023. “Dari lubuk hati saya, saya ingin berterima kasih pada kalian, fan. Kalian menyambut saya dengan tangan terbuka dan saya akan selalu jadi Milanisti sepanjang hidup saya,” ujarnya.

Ibrahimovic sukses meraih 31 gelar sepanjang kariernya di sepak bola sejak era 2000-an. Sebanyak 14 gelar di antaranya berupa juara liga domestik yang dipersembahkan bagi Ajax Amsterdam, Juventus, Inter Milan, Barcelona, AC Milan dan Paris Saint-Germain. Gelar itu direduksi menjadi 12 lantaran dua gelar Juventus dicopot lantaran kasus Calciopoli.

Kutukan Liga Champions

Hanya saat membela Manchester United, Malmo dan LA Galaxy Ibra gagal mempersembahkan gelar juara liga. Meski langganan juara liga, Ibra seperti mendapat kutukan di Liga Champions. Klub-klub yang dibelanya di turnamen itu tidak pernah ada yang keluar sebagai juara. Di sisi lain, Ibra sukses meraih puluhan gelar individu, 11 di antaranya yakni sebagai nominee Ballon d’Or.   

Sebelum menyatakan pensiun, Ibra yang kontraknya di Milan habis akhir musim ini sempat dikabarkan bakal merapat ke Monza. Namun sang pemain akhirnya memutuskan gantung sepatu. Ibra mengaku tak memberitahukan hal itu pada semua orang hingga dia berdiri mengucapkan perpisahan. 

Ibra mengakui berat ketika mengucapkan harus berpisah dari bola. “Ini adalah waktunya untuk saya mengucapkan selamat tinggal untuk sepak bola, tetapi bukan untuk kalian. Ini sangat sulit, ada banyak emosi yang mengalir. Saya akan berjumpa kalian bila kalian beruntung. Forza Milan dan selamat tinggal,” ujar Ibrahimovic.