Dunia

Zurich Insurance Hapus Logo ‘Z’ karena Disebut Sebagai Simbol Dukungan Terhadap Invasi oleh Rusia

  • Perusahaan Zurich Insurance telah menghapus huruf Z dari logonya di media sosial karena tidak ingin dihubungkan dengan konflik Rusia dan Ukraina.
Dunia
Fadel Surur

Fadel Surur

Author

ZURICH - Perusahaan Zurich Insurance telah menghapus huruf Z dari logonya di media sosial karena tidak ingin dihubungkan dengan konflik Rusia dan Ukraina.

Perusahaan itu mengumumkan penghapusan huruf Z karena tidak ingin disalahartikan sebagai simbol dukungan terhadap invasi Rusia, seperti dikutip dari Reuters pada 28 Maret 2022.

“Untuk sementara kami menghapus penggunaan huruf ‘Z’ di kanal-kanal sosial yang memunculkan huruf itu saja dan bisa disalahartikan,” ujar perusahaan.

Huruf Z telah digunakan sebagai tanda pada kendaraan militer Rusia dalam invasinya. Huruf itu pun diadopsi para pendukung perang Rusia dan sering dijumpai pada bendera dan saat demonstrasi pro-Rusia.

“Kami akan memantau situasi dengan saksama dan akan mengambil tindakan lebih lanjut jika dan saat dibutuhkan,” kata perusahaan seperti dikutip dari The Telegraph.

Seperti dikutip dari Daily Mail, huruf Z yang digunakan kemungkinan merupakan singkatan dari ‘Za pobedy’ yang berarti ‘untuk kemenangan’. Huruf Z juga dapat diartikan sebagai ‘Zapad’ yang berarti Barat dan mengacu pada pasukan barat Rusia.

Sebelumnya, atlet asal Rusia bernama Ivan Kuliak mengenakan simbol Z saat menerima medali pada Kejuaraan Dunia Gymnastic di Doha. Ia pun menerima dikecam atas aksinya itu, menurut laporan Sky Sports pada 8 Maret lalu.