<p>Ilustrasi Mata Uang Kripto / Pixabay.com</p>
Fintech

5 Aset Kripto Ini Diprediksi Akan Bullish di Minggu ke-2 Februari

  • Analis memprediksi beberapa aset kripto yang nilainya akan mengalami bullish pada minggu kedua Februari.
Fintech
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA – Pada pekan pertama Februari, pasar kripto mulai mengalami pemulihan setelah sempat berada di posisi terendah pada awal tahun 2022. Analis memprediksi beberapa aset kripto yang nilainya akan mengalami bullish pada minggu kedua Februari. 

Banyak analis yang melihat mayoritas kripto akan bergerak stagnan pada awal minggu kedua Februari. Sementara itu, trader Tokocrypto Afid Sugiono melihat ada lima aset kripto yang berpotensi untuk memasuki fase bullish. Berikut ini lima aset kripto tersebut:

1. Hedera (HBAR)

Hedera Hashgraph adalah jaringan terdistribusi terdesentralisasi (decentralized distributed network) yang secara structural memiliki diferensiasi dari blockchain Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH), namun memiliki fungsi yang setara.

Menurut Afid, HBAR berpotensi bullish karena adanya sentimen peluncuran Smart Contract 2.0 pada 8 Februari 2022. Peluncuran itu dinilainya dapat menarik respon positif dari para investor. 

“HBAR akan merilis Smart Contarct 2.0 di tanggal 8 Februari. Tapi, sentimen positifnya akan terus berkelanjutan, karena ini big event dari HBAR. Acara nanti akan ada webinar dan langsung launching smart contract baru,” ujar Afid sebagaimana dikutip dari keterangan Tokocrypto, Kamis, 10 Februari 2022. 

Berdasarkan data Coin Market Cap, Kamis, 10 Februari 2022 pukul 10.23 WIB, saat ini HBAR ada di posisi ke-36 dengan kapitalisasi pasar sebesar US$4,5 miliar dan berada di level US$0,25. 

2. The Sandbox (SAND)

Token The Sandbox (SAND) berpotensi bullish karena ada pelelangan tanah di dalam Metaverse-nya dengan jumlah terbatas pada 10 Februari 2022.

Dalam pelelangan tersebut, akan ada lebih dari 550 tanah dan 8 bangunan yang akan dijual dengan harga tinggi. Kabar itu pun dinilai dapat menarik minat terhadap SAND karena transaksi yang dilakukan harus menggunakan mata uang kripto tersebut. 

“The Sandbox akan melelang tanahnya di Metaverse pada 10 Februari mendatang. Event ini otomatis akan menjadi sentimen positif karena kembali menghidupkan proyek SAND selama beberapa hari terakhir tidak ada kabar baru,” kata Afid. 

Saat ini SAND berada di peringkat ke-33 dengan kapitalisasi pasar US$4,7 miliar dan menduduki harga US$4,63. 

3. Harmony (ONE)

ONE dinilai Afid masih akan melanjutkan tren positifnya pada pertengahan Februari karena adanya peluncuran Ethereum Bridge yang dapat meningkatkan nilainya. 

“Harmony (ONE) akan ada Ethereum Bridge di tanggal 14 Februari 2022. Jadi, nantinya ONE akan kompatibel dengan jaringan Bitcoin dan Ethereum sehingga mempermudah perpindahan token atau koin di kedua ekosistem. Hype sentimen positifnya masih terus berlangsung,” papar Afid. 

Kedudukan ONE di Coin Market Cap saat ini berada di peringkat ke-49 dengan kapitalisasi pasar US$2,5 miliar dan saat ini berada di level US$0,22.

4. Stacks (STX)

STX diprediksi akan bullish karena adanya event non-fungible token (NFT) di jaringannya. Acara ini dapat menarik para investor untuk melakukan hold dan merangsang sentiment positif di pasar. 

“STX akan menyelenggarakan NFT drops, jadi berpotensi mendatangkan sentimen positif. Dalam 24 jam terakhir, ada kenaikan nilai STX yang cukup signifikan,” kata Afid.

STX saat ini menduduki peringkat ke-54 di Coin Market Cap dengan kapitalisasi pasar US$2,2 miliar dan berada di harga US$1,72. 

5. Ethereum Classic (ETC)

ETC sempat menunda peluncuran jaringan bernama Mystique di awal Februari. Namun, Afid mengatakan untuk saat ini sudah ada konfirmasi bahwa peluncuran akan dilakukan pada 13 Februari 222. 

“Setelah kemarin mengalami penundaan, kini peluncuran Mystique ETC akan dirilis 13 Februari mendatang. Di kripto ada istilah buy on rumorsell on news. Jadi dengan ada berita tersebut, biasanya tiga hari atau seminggu sebelumnya sudah ada sentimen positif di market,” papar Afid. 

Peringkat ETC di Coin Market Cap saat ini berada di posisi ke-34 dengan kapitalisasi pasar US$ 4,6 miliar dan berada di level US$35,12.