Aye-Aye di Atas Pohon
Dunia

Aye-aye, Hewan Mirip Rakun dan Tikus dari Pulau Madagaskar

  • Aye-aye hanya dapat ditemukan di hutan-hutan di Madagaskar, sebuah negara pulau di lepas pantai Afrika.

Dunia

Distika Safara Setianda

JAKARTA- Berjongkok di ranting pohon, hewan berbulu yang terlihat seperti perpaduan antara rakun dan tikus ini mengangkat jari panjangnya dan mengetuk pada batang pohon. Ini bukanlah ketukan sopan untuk melihat siapa yang ada di dalam.

Sebaliknya, hewan ini mencoba menemukan tempat-tempat rongga di bawah kulit pohon tempat serangga tinggal. Hewan ini bisa tahu bahwa ia telah menemukan rongga dengan suara ketukan.

Begitu ia mendeteksi rongga tersebut, hewan ini merobek kulit pohon dengan giginya dan memakan serangga-serangga tersebut. Makhluk yang penuh rasa ingin tahu ini dikenal sebagai “aye-aye.”

Jari-Jari Aneh

Jari Panjang dan Kurus Aye-Aye (kids.nationalgeographic.com/MARK CARWARDINE, GETTY IMAGES)

Dilansir dari National Geographic Kids, pada Rabu, 16 Agustus 2023, aye-aye hanya dapat ditemukan di hutan-hutan di Madagaskar, sebuah negara pulau di lepas pantai Afrika. Hewan-hewan ini jarang turun dari tempat tinggalnya di atas pohon ke dasar hutan.

Hewan ini hanya aktif pada malam hari. Mereka menghabiskan siang dengan tidur di cabang-cabang dalam sarang yang terbuat dari daun. Saat gelap tiba, makhluk-makhluk itu mencari makanan di puncak pohon

Selain serangga, aye-aye juga memakan buah-buahan seperti mangga, mengambil daging buah yang lezat dengan jari-jari kurus mereka.

Tanpa jari-jari khasnya, mencari makanan akan menjadi lebih sulit bagi aye-aye. Dan jari-jari hewan ini bukanlah satu-satunya fitur lucu yang membantunya bertahan hidup di alam liar.

Mata Kuning

Mata Besar Berwarna Kuning (kids.nationalgeographic.com)

Mata besar berwarna kuning memungkinkannya melihat di dalam kegelapan. Telinga besar dan sensitif membantu hewan ini mendeteksi mangsa. Dan ekor panjang dan berbulu memungkinkan aye-aye untuk menyeimbangkan saat bergerak di atas cabang-cabang pohon.

Bikin Bingung

Ciri-ciri aneh dari aye-aye mungkin bermanfaat bagi hewan tersebut. Tetapi ciri-ciri mereka juga menyebabkan kebingungan. Gigi mirip tikus dan ekor mirip tupai membuat para ilmuwan awalnya mengira bahwa ini adalah hewan pengerat.

Namun, sebenarnya hewan ini adalah primate, kelompok spesies yang sama dengan manusia. Dengan penampilannya yang aneh dan perilaku yang luar biasa, aye-aye adalah salah satu kerabat dengan beragam berbagai keanehan yang serius.