Cek Rekening dan Kartu Kredit Anda, 24 Aplikasi Android Terinfeksi Malware ‘Joker’

  • Setidaknya 24 aplikasi Android yang cukup populer dan telah diunduh ratusan ribu kali dari Google Play Store  dinyatakan terinfeksi malware yang dijuluki ‘Joker’. LifeHacker mengutip para pakar keamanan dunia maya melaporkan “Joker” terutama dirancang untuk secara diam-diam mendaftar pengguna untuk layanan berlangganan berbayar. “Misalnya, di Denmark, Joker dapat secara diam-diam mendaftarkan korban untuk layanan 50 […]

Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

Setidaknya 24 aplikasi Android yang cukup populer dan telah diunduh ratusan ribu kali dari Google Play Store  dinyatakan terinfeksi malware yang dijuluki ‘Joker’.

LifeHacker mengutip para pakar keamanan dunia maya melaporkan “Joker” terutama dirancang untuk secara diam-diam mendaftar pengguna untuk layanan berlangganan berbayar.

“Misalnya, di Denmark, Joker dapat secara diam-diam mendaftarkan korban untuk layanan 50 DKK / minggu (sekitar Rp100.000). Strategi ini bekerja dengan mengotomatiskan interaksi yang diperlukan dengan halaman web penawaran premium, memasukkan kode penawaran operator, kemudian menunggu pesan SMS dengan kode konfirmasi dan mengekstraksinya menggunakan ekspresi reguler. Akhirnya, Joker mengirimkan kode yang diekstraksi ke halaman web penawaran, untuk mengotorisasi langganan premium, ” kata Aleksejs Kuprins dari perusahaan cybersecurity CSIS  dikutip  LifeHacker Senin (09/09/2019).

Menurut laporan itu, mereka yang terinfeksi  malware Joker, sebelum dihapus dari Google Play store, berhasil mendapatkan lebih dari 472.000 total unduhan.

Menurut ahli keamanan siber, yang dikutip oleh LifeHacker, tidak mungkin menemukan langganan berbayar yang tidak diduga saat menggunakan salah satu aplikasi yang terinfeksi.

LifeHacker menyarankan untuk baik untuk memeriksa rekening bank pribadi atau kartu kredit pada Juni tahun ini – saat malware Joker mulai memulai langganan otomatis terbaru.

Daftar aplikasi yang terinfeksi dilaporkan termasuk “Age Face”, “Altar Message”, “Antivirus Security – Security Scan”, “Beach Camera”, “Board picture editing” dan lainnya.