<p>Rumah Sakit Hermina / Dok. Perseroan</p>
Korporasi

Kinerja Apik, Surat Utang RS Hermina (HEAL) Dapat Peringkat Double A Minus dari Pefindo

  • PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan rating idAA- (Double A Minus) terhadap surat utang milik PT Medikaloka Hermina (HEAL). Keputusan ini diambil oleh panitia pemeringkat Pefindo pada Selasa, 8 Juni 2021.

Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan rating idAA- (Double A Minus) terhadap surat utang milik PT Medikaloka Hermina Tbk (HEAL). Keputusan ini diambil oleh panitia pemeringkat Pefindo pada Selasa, 8 Juni 2021.

“PT Pefindo memutuskan menetapkan kembali peringkat idAA- (Double A Minus) terhadap Obligasi Berkelanjutan I Medikaloka Hermina Tahun 2020 senilai maksimum Rp1 triliun,” kata Direktur Utama Pefindo, Salyadi Saputra, Rabu 9 Juni 2021.

Salyadi mengatakan, peringkat tersebut diberikan berdasarkan data dan informasi dari perusahaan serta laporan keuangan audit per 31 Desember 2020. Peringkat tersebut berlaku untuk periode 8 Juni 2021 sampai dengan 1 Juni 2022.

Ia menjelaskan, efek utang dengan peringkat idAA memiliki sedikit perbedaan dengan peringkat tertinggi yang diberikan. Kemampuan emiten untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang atas efek utang tersebut, dibandingkan dengan emiten lainnya di Indonesia, adalah sangat kuat.

“Tanda minus menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan relatif lemah dan di bawah rata-rata kategori yang bersangkutan,” papar dia.

Adapun Obligasi Berkelanjutan I Medikaloka Hermina Tahun 2020 itu akan diterbitkan selama dua tahun sejak efektifnya pernyataan pendaftaran pada 31 Agustus 2020 sampai dengan 31 Agustus 2022.

Asal tahu saja, hingga akhir Desember tahun lalu, perseroan berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp473 miliar. Angka tersebut melonjak 85,3% secara tahunan (year-on-year/yoy) dibandingkan dengan realisasi perseroan pada tahun sebelumnya. (SKO)