Produk FMCG
Transportasi dan Logistik

Penjualan Sektor FMCG 2023 di E-commerce Tembus Rp57 Triliun, Produk Kecantikan Mendominasi

  • Pertumbuhan sektor fast moving consumer good (FMCG) terutama pada e-commerce menunjukkan tren positif. Terbukti sepanjang 2023, nilai penjualan pada sektor FMCG di e-commerce menyentuh nilai Rp57,6 triliun.
Transportasi dan Logistik
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Pertumbuhan sektor fast moving consumer good (FMCG) terutama pada e-commerce menunjukkan tren positif. Terbukti sepanjang 2023, nilai penjualan pada sektor FMCG di e-commerce menyentuh nilai Rp57,6 triliun. 

Dikutip dari FMCG Report 2023 yang dirilis oleh Compas.co.id, Hanindia Narendrata selaku Co-Founder dan CEO Compas.co.id menyebut “Melalui metode crawling yang merekam seluruh transaksi di e-commerce secara near real-time Compas.co.id menemukan bahwa nilai penjualan meningkat tipis 1.03% atau meningkat Rp 576 miliar dibanding tahun lalu yang mencapai Rp 57,02 triliun,” terangnya.

“Jumlah transaksi juga turut meningkat, mencapai 1,56 juta transaksi meningkat 2,75% atau bertambah sekitar 42 juta transaksi dibanding tahun lalu,” ungkap Hanindia Narendrata selaku Co-Founder & CEO Compas.co.id,” lanjut Hanindia.

Kategori perawatan dan kecantikan tercatat mendominasi yaitu sebesar 49% atau senilai Rp28,2 triliun. Di belakangnya disusul makanan dan minuman dengan persentase 20,4% atau Rp11,8 triliun, kategori kesehatan sebesar 18,7% atau senilai Rp10,7 triliun dan terakhir kategori ibu dan bayi dengan 11,9% atau senilai Rp6,8 tiliun. 

Sektor FMCG menghasilkan nilai penjualan terbesarnya pada kuartal 4 yang  mencapai Rp16,2 triliun, kemudian diikuti dengan nilai penjualan di kuartal 1 dengan Rp14,8 triliun, kuartal 2 Rp13,5 triliun dan kuartal 3 yang menghasilkan Rp13 triliun.

Adapun pertumbuhan paling signifikan tampak pada kategori perawatan dan kecantikan yang naik sebesar 15% atau meningkat Rp3,8 triliun year on year (yoy) dan kategori makanan dan minuman naik naik 9% atau meningkat Rp932 juta year on year (yoy).

Disebutkan pula dari sumber yang sama, produk kecantikan yang paling mendominasi adalah parfum yaitu dengan nilai penjualan mencapai Rp2,6 triliun atau meningkat 9% dibandingkan tahun sebelumnya. 

Sedangkan pada kategori makanan dan minuman, makanan beku menajdi produk yang paling diminati dengan nilai penjualan mencapai Rp1,1 tiliun atau meningkat 9% dari tahun sebelumnya. 

FMCG Report 2023 ini juga turut menyuguhkan data outlook di tahun 2024, dimana diperkirakan akan terjadi kenaikan nilai penjualan sekitar 3% ke angka Rp58,3 triliun di tahun politik ini.