Seorang konsumen melakukan transaksi digital untuk belanja online, Kamis 10 Februari 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

Survei Accenture: 7 dari 10 Konsimen Digital RI Pilih Belanja Lewat Aplikasi Sosial Media

  • Perusahaan konsultan Accenture baru-baru ini mengungkapkan hasil surveinya yang menyebutkan bahwa 7 dari 10 konsumen digital Indonesia lebih memilih berbelanja melalui aplikasi sosial media atau social commerce.
Nasional
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA - Perusahaan konsultan Accenture baru-baru ini mengungkapkan hasil surveinya yang menyebutkan bahwa 7 dari 10 konsumen digital Indonesia lebih memilih berbelanja melalui aplikasi sosial media atau social commerce.

"Salah satu temuan yang relevan bagi Indonesia adalah tujuh dari sepuluh konsumen digital Indonesia (67,6%)," ungkap Accenture dalam laporannya dikutip Rabu, 10 Mei 2023.

Para konsumen digital tersebut mengaku lebih nyaman dan memilih untuk berbelanja melalui aplikasi sosial media dibandingkan dengan platform e-commerce tradisional.

Bahkan, laporan survei Accenture menyebut masyarakat Indonesia cenderung untuk membeli sebuah produk ataupun layanan dari penjual di social commerce yang sama.

"Setidaknya enam dari sepuluh (63%) pembeli social commerce mengatakan bahwa mereka cenderung membeli dari penjual yang sama lagi," tulis dalam laporan Accenture.

Adapun segmen inti konsumen digital di Indonesia mecakup generasi Alfa, generasi Z serta generasi Milenial. Mayoritas para konsumen digital tersebut juga banyak menghabiskan waktu untuk meneliti produk atau layanan melalui berbagai kanal online sebelum membeli.

"91,1% konsumen yang disurvei di Indonesia menggunakan kanal online seperti mesin pencari, platform jejaring sosial, dan video untuk meneliti produk atau layanan sebelum membeli. Jumlah ini lebih dari 10% lebih tinggi jika dibandingkan dengan konsumen digital dari negara lain," tulis dalam laporan tersebut.

Testimonial berupa like atau komentar positif turut mempengaruhi keputusan 86% konsumen digital Indonesia untuk menentukan pilihan membeli suatu produk.