<p>Suasana karyawan bekerja di kantor Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 14 September 2020. Bank Mandiri menyesuaikan kantor cabang operasional di Wilayah DKI Jakarta menyusul Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh untuk mengerem laju penambahan kasus Covid-19. Foto: Suasana karyawan bekerja di kantor Bank Mandiri, Jakarta, Senin, 14 September 2020. Bank Mandiri menyesuaikan kantor cabang operasional di Wilayah DKI Jakarta menyusul Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara penuh untuk mengerem laju penambahan kasus Covid-19. Foto: Ismail Pohan/TrenAsiaIsmail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Tren Istilah: Ketahui Arti Onboarding yang Biasanya Ada di Dunia Kerja

  • Inilah penjelasan mengenai arti dari istilah onboarding yang biasanya ada di dunia kerja.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Bagi Anda yang masuk ke suatu perusahaan atau kantor baru, biasanya akan terdapat acara onboarding untuk karyawan. Arti istilah onboarding adalah proses membiasakan karyawan baru dengan kebijakan organisasi, peran karyawan dalam suatu perusahaan, dan budaya perusahaan.

Onboarding juga membantu melibatkan penciptaan lingkungan yang nyaman agar karyawan bisa berinteraksi secara bebas dengan rekan kerja mereka dan menjalin hubungan sosial di tempat kerja.

Secara khusus, onboarding melibatkan karyawan untuk melengkapi dokumen yang diperlukan untuk kepatuhan hukum ketenagakerjaan dan melengkapi alat-alat kerja yang dibutuhkan karyawan agar karyawan dapat melakukan pekerjaan dengan baik.

Selama proses onboarding, karyawan dapat mempelajari apa saja yang diharapkan perusahaan dari karyawan, meliputi keterampilan, gaya komunikasi, dan sikap.

Keberhasilan onboarding karyawan bergantung pada efisiensi dari program onboarding. Semakin cepat karyawan diberdayakan untuk melakukan pekerjaan atau tanggung jawab mereka, maka semakin cepat mereka berkontribusi untuk perusahaan.

Onboarding ternyata bukan hanya pekerjaan SDM. Onboarding juga merupakan tanggung jawab direct manager yang akan membiasakan karyawan dengan peran mereka di perusahaan, ekspektasi kerja, dan budaya tim tempat karyawan bekerja.