Truk-ODOL-5-.jpeg
News

Truk ODOL Bikin Harga Barang Tinggi, GAPMMI Usulkan Insentif

  • Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (GAPMMI) menilai ada sejumlah insentif yang dapat diberikan pemerintah kepada pengusaha logistik atau pelaku usaha pengan
News
Ismail Pohan

Ismail Pohan

Author

Jakarta - Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (GAPMMI) menilai ada sejumlah insentif yang dapat diberikan pemerintah kepada pengusaha logistik atau pelaku usaha pengangkutan darat di tengah ketatnya upaya pemerintah memberantas kendaraan over dimension and overload (ODOL).

Wakil Ketua Umum Bidang Kebijakan Publik Gapmmi Rachmat Hidayat menyebut kendati industri makanan dan minuman (mamin) tetap jadi sektor esensial di tengah pandemi, tetap saja kebijakan Zero ODOL memberikan sejumlah dampak negatif.

Menurutnya saat ini peraturan perundang-undangan yang ada telah mengatur aspek penting mengenai ODOL, di antaranya berkaitan dengan dua bidang, yakni pengaturan dimensi atau ukuran kendaraan bermotor, bidang pengawasan operasional dan penegakan hukum.

Penerapan kebijakan Zero ODOL memerlukan perencanaan yang tepat sasaran agar tidak berdampak negatif pada perekonomian secara makro. Apalagi, biaya yang dikeluarkan untuk merubah truk-truk ODOL sesuai ketentuan tidaklah murah dan tentu dapat berdampak terhadap kenaikan harga barang. 

Bang Koboi, Foto: Ismail Pohan/https://www.trenasia.com/